Lirik dan Lagu Bukan Milik Agama Tertentu


Dalam dunia akademik, penyebutan sumber atau sitasi adalah bukti kejujuran dan penghormatan kepada penemu terdahulu. Begitu pun dalam seharusnya sikap kita dalam bidang-bidang kehidupan yang lain, termasuk dalam hal musik. Kita selayaknya menghormati tradisi, menghargai para penemu, pemikir terdahulu agar terjaga ketersambungan ilmu. itu pula yang menjaga kita untuk tetap bersikap rendah hati, tidak mudah menghakimi. Tradisi ini yang mulai hilang seiring modernisasi dan gerakan purifikasi buta.

Sebagai contoh lagu ini. pertama kali saya mengenalnya sebagai lagu sholawat yg dipopulerkan haddad alwi yg berjudul Tholama Asyqu. Berikut ini lagunya.

 

Haddad Alwi sendiri sempat bersinggungan dengan gerakan Sholawat Global yg dimotori Cak Nun dan Kiai Kanjeng sebelum Haddad Alwi berkarir sendiri.

Sampai malam ini saya menyangka lagu tersebut adalah lagu sholawatan. Tapi rupanya itu pernah menjadi lagu populer jaman kesultanan Turki Ustmani dengan judul Uskudara Giderken, lagu tentang cinta berbeda kasta antara perempuan bangsawan Turki jatuh cinta pada sekretaris prianya.

 

Rupanya lagu tersebut tidak hanya populer di Turki saja tetapi juga direplikasi di berbagai negara dan budaya dengan lirik yang berbeda. seperti misalnya di Rusia berjudul Ruse Kose Curo Imas (Gadis Rusia Berambut Emas).

 

Begitulah sekelumit sejarah tentang lagu qosidah yang liriknya aduhai indahnya.

Penulis: maulinniam

Burung kecil terbang dalam kawanan, burung besar terbang sendirian. Aku hanya burung kecil yang belajar terbang sendirian.

6 thoughts on “Lirik dan Lagu Bukan Milik Agama Tertentu”

  1. Kalo teksnya itu dari mana ya?
    Teksnya diciptainnya kapan? Pas jaman para tabiinkah?
    Apakah teks dan lagu digubah berbarengan? Sehingga menjadi folksong pada jaman itu?

  2. Русе косе, цуро, имаш
    itu lagu dari Serbia kayaknya, dari bahasanya sudah kelihatan. Kalo gadis Rusia, kemungkinan bahasa Rusianya Русская девушка (baca : Russkaya Devushka)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s