Fight or Flight?!


Sejak jaman purba, kelangsungan hidup manusia seringkali bergantung pada kemampuannya menentukan dengan cepat siapa kawan siapa lawan.

Amigdala adalah bagian dalam otak kita berukuran sebiji almond yang berfungsi untuk membuat penilaian dan pengambilan keputusan spontan. Keputusan-keputusan spontan itu yang membuat kita bertahan hidup. Momen itu biasa disebut fight or flight response, take it or leave it moment.

Fight or flight mungkin merupakan cara primitif otak kita dalam merespon sesuatu tetapi tidak berarti bahwa itu pilihan yang buruk. Kadang memperjuangkan apa yg kita inginkan adalah hal yg tepat untuk kita lakukan. Meski seringnya apa yg sebenarnya kita perjuangkan adalah melawan ketakutan kita sendiri. Takut tersakiti, dan mengulangi kesalahan yang sama berkali-kali.

Kadangkala hal paling bijak adalah meninggalkan semua. Tempuh jalanmu sendiri. Tanpa kompromi. Itu mungkin akan terasa sedikit ngeri, tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang-orang yg kita tinggalkan. Karena, ini anehnya, mereka tak akan bisa memahami keputusan kita.

Sekarang dan  ke depan, kita perlu memutus belenggu masa lalu dan melangkah ke wilayah yang belum kita tahu.

Pun jika kita memilih untuk pergi, itu tidak berarti kita tak akan pernah kembali bukan?!

Kota Sejuta Romansa, 150614

#petikandariserialPerceptiondengansedikitpenyesuaian

Penulis: maulinniam

Burung kecil terbang dalam kawanan, burung besar terbang sendirian. Aku hanya burung kecil yang belajar terbang sendirian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s