Berubah. Sekarang!


Setiap hari, tiap saat, tiap nanodetik, dunia berubah. Partikel atom bertumbukan satu sama lain dan saling bereaksi. Manusia saling berbenturan dan mengubah arah satu sama lain.

Tapi kita manusia tidak menyukai perubahan. Kita berjuang melawan perubahan. Perubahan membuat kita takut. Takut kehilangan rasa nyaman. Takut pada ketidakpastian. Lalu kita menciptakan ilusi tentang ‘yang pasti-pasti aja’.

Manusia ingin memercayai bahwa dunia akan berjalan seperti yg sudah dan sedang terjadi sekarang. Sesuai prediksi logika kita agar pikiran kita tetap tenang. Pemahaman kita tetap saja sama. Padahal saat kita baru saja memahami makna ‘sekarang’, yg kita sebut sebagai ‘sekarang’ itu sudah berlalu.

Kita terpaku pada potongan-potongan kenangan, snapshot dari masa lalu. Padahal hidup adalah gambar bergerak. Kita harus menggerakkan potongan kenangan untuk bisa menyaksikan indahnya pengalaman.

Berubah tidak pernah mudah. Seringnya itu sulit dan memilukan. Tapi mungkin itu sesuatu yang baik. Karena perubahan itu yg membuat mental kita kuat, menjaga jiwa kita tetap tabah. Perubahan mengajari kita cara berevolusi

Jogja.01072014

Penulis: maulinniam

Burung kecil terbang dalam kawanan, burung besar terbang sendirian. Aku hanya burung kecil yang belajar terbang sendirian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s