Menyikapi Hantu Masa Lalu


Otak menyimpan ingatan dengan cara yang berbeda. Short term memory (ingatan jangka pendek) dan long term memory (ingatan jangka panjang). Ingatan tentang di mana kita menaruh kunci, nama seseorang yang baru kita kenal, tersimpan sementara dalam hippocampus. Tapi hippocampus tidak menyimpannya untuk waktu yang lama.  Selanjutnya hippocampus akan mentransfernya ke bagian cortex di mana ingatan tersebut akan menguat atau melemah tergantung pada seberapa sering kita mengakses ingatan tersebut. Tiap kali kita membuka ingatan tersebut, neuron akan aktif dan ingatan tersebut menjadi lebih kuat. Tetapi jika kita terlalu lama tidak membukanya, mungkin ingatan itu akan terkubur selamanya.

Masa lalu terkadang datang kembali untuk menghantui. Kenakalan di masa remaja, dosa di masa muda, penyakit yg diderita orang tua kita, kecelakaan atau trauma masa kecil, itu semua bisa menempel di ingatan sepanjang usia kita.

Meski memiliki potensi kekuatan yang luar biasa, segumpal kusut jaringan neuron di kepala yg kita sebut otak, pada kenyataannya adalah organ yg sangat rapuh.
Tanpa tengkorak yg melindungi, otak mirip sebentuk jelly yang rentan terhadap goresan setipis apapun.

Sebuah guncangan (baik secara fisik maupun mental) saja cukup memberi dampak jangka panjang yang baru akan muncul bertahun-tahun kemudian sebagai penyakit parkinson atau alzheimer.

Tapi bukan berarti kita harus hidup dalam kepompong, menutup diri dari segala yang berpontensi melukai (fisik dan emosi).

Membuka diri pada kenangan masa lalu dan ketidakpastian masa depan (baik atau buruk) adalah seni menjalani hidup untuk menyembuhkan luka kita, menemukan batas terindah dari kebebasan kita.

Penulis: maulinniam

Burung kecil terbang dalam kawanan, burung besar terbang sendirian. Aku hanya burung kecil yang belajar terbang sendirian.

1 thought on “Menyikapi Hantu Masa Lalu”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s